Cari Alat Keselamatan Kerja, Simak Panduan Ini Sebelum Membeli

Media Iklan
8 min readSep 22, 2020
Cari Alat Keselamatan Kerja, Simak Panduan Ini Sebelum Membeli — uvex Safety
Sumber : https://www.uvex-safety.co.id/id/kelompok-produk/pheos-faceguard-pelindung-wajah-yang-inovatif-dan-sistematis/

Alat keselamatan kerja bukan lagi menjadi kewajiban untuk digunakan pada saat bekerja, melainkan menjadi sebuah kebutuhan. Dengan alat keselamatan kerja pekerja akan terlindungi dari resiko kecelakaan kerja.

Penggunaan alat keselamatan kerja masuk dalam hierarki pengendalian resiko selama bekerja. Penggunaan alat keselamatan kerja adalah upaya untuk mengurangi atau mencegah pekerja terpapar sumber bahaya.

Perlu Anda ketahui bahwa penyedia alat keselamatan kerja atau alat pelindung diri atau sering disebut APD adalah perusahaan. Para pekerja hanya perlu merawat APD yang sudah diberikan oleh perusahaan.

Tidak hanya merawat APD saja, pekerja juga harus tahu bagaimana cara mengenakan APD yang benar. Pekerja juga bisa memberikan informasi APD apa saja yang dibutuhkan pada saat bekerja kepada atasannya.

Lalu apa saja jenis APD dan cara untuk memilih APD yang tepat untuk para pekerja? Cek penjelasan lengkapnya hanya disini.

Jenis-Jenis Alat Keselamatan Kerja

Sumber : uvex safety katalog 2020

Ada 6 alat keselamatan kerja dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki yang standar harus dipakai oleh pekerja. Berikut ini adalah jenis-jenis dari alat keselamatan kerja standar yang harus disediakan oleh perusahaan:

Alat Pengaman Kepala

Alat pengaman kepala berupa helm atau dikenal juga dengan helm proyek. Pekerja konstruksi dan pekerja tambang membutuhkan alat pelindung ini untuk melindungi kepala dari resiko tertimpa reruntuhan. Petugas kelistrikan juga membutuhkan helm pengaman selama melakukan tugasnya.

Helm pengaman ini digunakan juga sebagai identitas jabatan dalam sebuah proyek. Hal ini ditunjukkan pada warna helm yang berbeda-beda, warna yang paling umum digunakan adalah warna kuning. Carilah helm dengan standard EN397 dengan fitur adjusted ventilation dan six-points harnesses untuk kenyamanan pemakaian jangka panjang.

Alat Pengaman Mata dan Wajah

Alat pengaman mata yang standar adalah kacamata. Sedangkan untuk pengaman wajah bisa menggunakan face shield. Ada banyak kacamata pengaman murah tapi belum tentu bisa melindungi mata secara maksimal dan awet usia pakainya.

Kacamata pengaman yang bagus adalah yang dilengkapi dengan anti radiasi UV400 100% dan memiliki resolusi optikal kelas 1 untuk memberikan pandangan kerja yang optimal. Pekerja yang membutuhkan kacamata pengaman adalah tukang las, tukang gerindra, dan sejenisnya.

Alat Pengaman Pendengaran

Bekerja di area dengan polusi suara yang tinggi membahayakan kesehatan pendengaran pekerja. Oleh karena itu, pekerja dengan tingkat kebisingan yang tinggi membutuhkan pengaman pendengaran atau ear plug.

Pekerja konstruksi yang bertugas menjalankan mesin berat membutuhkan alat pengaman pendengaran ini. Selain itu, operator mesin juga membutuhkan pengaman pendengaran pada saat bekerja.

Alat Pengaman Pernapasan

Alat pengaman pernapasan adalah masker, ada banyak jenis masker sesuai dengan fungsinya. Untuk petugas medis atau pekerja laboratorium jenis masker yang dibutuhkan adalah masker antivirus & masker N95 atau masker FFP2.

Jenis masker ini tidak hanya bisa menghalau debu saja tapi juga bisa menghalau partikel kecil seperti virus. Sedangkan untuk pekerja tambang dan konstruksi jenis masker yang cocok adalah masker respirator. Setiap jenis pekerjaan membutuhkan masker yang berbeda-beda.

Alat Pengaman Tangan

Sarung tangan pengaman juga termasuk APD standar yang perlu dipakai oleh para pekerja. Harga jual sarung tangan safety beragam sesuai dengan jenis dan bahan pembuatnya.

Model dari sarung tangan juga beragam sesuai dengan fungsinya. Ada yang tahan terhadap sayatan, tahan bahan kimia, dan lain sebagainya. Pelindung tangan ini diperlukan dalam segala bidang pekerjaan.

Alat Pengaman Kaki

Alat pengaman kaki atau sepatu safety diperlukan oleh para pekerja yang bekerja diluar ruangan. Para pekerja konstruksi dan tambang sangat membutuhkan sepatu pengaman untuk melindungi kaki dari segala macam berbahaya.

Tidak hanya pekerja luar ruangan saja, para pekerja yang berhubungan dengan bahan kimia berbahaya juga membutuhkan sepatu pengaman. Sepatu pengaman ada banyak pilihannya sesuai dengan fungsi dan kemampuannya.

Panduan Tepat Membeli Alat Keselamatan Kerja

Cari Alat Keselamatan Kerja, Simak Panduan Ini Sebelum Membeli — uvex Safety
Sumber : Freepik.com

Tentunya dalam memilih alat keselamatan kerja tidak boleh dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan bukan? Berikut ini adalah hal yang perlu Anda lakukan sebelum membeli alat keselamatan untuk pekerja:

Melakukan Penilaian Bahaya atau Hazard Assessment

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli alat keselamatan kerja adalah melakukan penilaian terhadap bahaya. Anda harus menilai bahaya apa saja yang mungkin terjadi ketika sedang melakukan pekerjaan tersebut.

Melakukan penilaian adalah langkah awal Anda sebelum melakukan identifikasi bahaya dan APD yang diperlukan.

Mengidentifikasi Bahaya

Setelah melakukan penilaian bahaya, maka Anda perlu melakukan identifikasi bahaya yang mungkin saja terjadi. Identifikasi bahaya ini sangat penting agar Anda dapat memilih APD yang sesuai dengan kebutuhan. APD juga akan berfungsi maksimal jika identifikasi bahaya yang dilakukan tepat.

Memilih Jenis dan Desain Alat Keselamatan yang Tepat

Kemudian jika bahaya sudah diidentifikasi maka Anda bisa memilih jenis dan desain alat keselamatan yang diperlukan. Anda bisa mencari banyak rekomendasi mengenai desain dan jenis alat keselamatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak toko tempat jual helm safety dan alat keselamatan lainnya yang menyediakan berbagai model APD. Anda bisa melakukan riset atau mencari referensi dari toko-toko tersebut.

Setelah mengetahui alat keselamatan kerja apa saja yang dibutuhkan, maka Anda perlu membeli APD sesuai dengan kebutuhan. Agar tidak salah pilih alat keselamatan atau APD ada beberapa panduannya, yaitu:

  1. Pilih APD yang Aman dan Sudah Terstandar
    Ini adalah syarat wajib ketika Anda memilih APD yaitu harus aman dan sesuai dengan standar yang berlaku. Memang banyak tempat jual kacamata safety terbaik dan alat keselamatan lainnya, namun pastikan Anda memilih yang sudah sesuai standar.
    Anda bisa cek terlebih dahulu apakah alat tersebut sudah ber SNI atau lolos uji keselamatan atau belum. Ini sangat penting karena APD yang sudah standar tentu sudah pasti aman.
  2. Pilih yang Mempunyai Fungsi Optimal
    Fungsi APD juga harus diperhatikan, jangan asal memilih tempat jual google glass & safety googles yang murah saja. Anda harus memilih yang mempunyai fungsi perlindungan yang optimal. Cek bahan dan fungsi dari APD tersebut sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.
  3. Pilih yang Nyaman Digunakan
    Harga safety glasses & safety googles dan APD lainnya yang murah memang banyak, tapi apakah APD tersebut nyaman digunakan? Kenyamanan menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Dengan APD yang nyaman maka pekerja akan lebih nyaman bekerja dengan menggunakan APD dalam jangka waktu yang lama.
  4. Pilih APD yang Kompatibel dengan APD lainnya
    Pekerja tidak hanya akan mengenakan satu jenis APD saja bukan? Oleh karena itu, dalam memilih APD pastikan Anda memilih yang kompatibel dengan APD lainnya. Artinya APD tersebut bisa digunakan bersamaan dengan APD lainnya.

Rekomendasi Produk Alat Keselamatan Kerja Terbaik

Untuk Anda yang sedang mencari alat keselamatan kerja, berikut ini adalah beberapa rekomendasi APD terbaik untuk Anda:

Kacamata uvex i-5 dan Pelindung wajah uvex Face Guards

Kacamata ini mempunyai desain terbaru yang sporty dan flexible sehingga cocok untuk digunakan oleh pria maupun wanita. Sudah dilengkapi dengan filter UV400 100% dan juga lapisan anti kabut permanen pada bagian dalamnya dan anti gores bagian luarnya.

Kacamata ini didesain dengan bingkai warna biru yang dipadukan dengan warna hitam. Menggunakan lensa jenis PC dan dilapisi dengan lensa clear maupun abu-abu.

Untuk peningkatan keamanan area wajah bisa menggunakan Face Guard dengan material yang ringan dan kuat memberikan kenyamanan ergonomi yang sangat tinggi. Desain saat visor menutup dan membuka memberikan kenyamanan pada otot leher dan tulang belakang saat penggunaan kerja jangka panjang.

Seri kacamata pengaman dan face guard dari uvex ini sudah mempunyai sertifikat EN 166 dan juga EN 172. Harga jual kacamata safety ini juga cukup terjangkau jika dibandingkan dengan spesifikasinya yang handal ini.

Masker uvex Silv-Air 4200 lite FFP2

Masker respirator & safety dari uvex ini mempunyai desain lipat yang pas dengan mulut dan hidung. Dilengkapi dengan penjepit hidung sehingga membuatnya semakin nyaman untuk digunakan serta model lipat dengan individual packaging yang mudah disimpan.

Masker ini sudah dilengkapi dengan ikat kepala karet yang nyaman. Seri masker dari uvex ini juga sudah lolos uji EN 149 — FFP2 sehingga bisa menyaring debu dan aerosol dengan level yang paling tinggi. Area hidung dan mulut akan terlindungi sempurna dengan menggunakan masker ini bahkan sangat nyaman digunakan bersamaan dengan kacamata, goggle, face shield atau APD lainnya.

Sarung Tangan uvex Profastrong NF33

Sarung tangan dari uvex seri ini termasuk sarung tangan chemical yang bisa melindungi tangan dari cairan bahan kimia berbahaya. Seri sarung tangan ini sudah mendapatkan sertifikat EN 388:2016 dan EN ISO 374–1:2–16.

Berdasarkan sertifikat yang didapatkan, sarung tangan ini sudah pasti aman untuk makanan karena terbuat dari bahan yang aman. Selain itu, sarung tangan ini juga tahan terhadap tekanan dan tetap nyaman digunakan.

Sarung tangan ini sangat fleksibel dan mempunyai daya sentuh yang baik. Tidak hanya cocok untuk bekerja di area lembab saja tapi juga nyaman digunakan pada area yang kering.

Helm Pengaman uvex Pheos IES

Helm pengaman dari uvex ini dilengkapi dengan penjepit yang bisa digunakan untuk menahan dan menyimpan kacamata pengaman uvex pheos sehingga terintegrasi dan tidak mudah lepas. Dilengkapi pula dengan euroslot untuk alat pelindung pendengaran atau penutup telinga. Selain fitur yang fungsional, helm IES ini memiliki bentuk yang stylish hingga mendapatkan iF product design award di Jerman tahun 2013.

Sesuai dengan sertifikat EN 397, helm ini juga tahan terhadap cairan logam sehingga aman untuk para pekerja tambang. Harga helm proyek ini juga cukup terjangkau sesuai dengan spesifikasinya.

Sepatu uvex 1 X-Tended Support S3 SRC

Sepatu safety dari uvex ini masuk dalam sepatu perlindungan untuk kelas S3 SRC. Hal ini sesuai dengan sertifikat EN ISO 20345:2011 yang sudah didapatkan oleh sepatu ini. uvex 1 X-Tended juga sudah mendapatkan sertifikat ESD resistor yang tahan resistensi sampai 35 megaohm.

Sol bagian luarnya terbuat dari sol terbaik yang anti selip dan juga tahan penetrasi tembus. Sedangkan sol bagian tengah dan depannya juga bebas logam sehingga bebas iritasi kulit dan sangat ringan. Sol bagian depan dan atasnya juga tahan terhadap semua benda cair termasuk minyak.

Yang lebih istimewa bagian atas sepatu ini dilapisi dengan microvelour yang berpori dengan metode pengikatan tali quick lace hingga BOA system. Anda tidak akan merasakan panas menggunakan sepatu ini dalam jangka waktu yang lama. Untuk harga jual sepatu safety ini cukup terjangkau sesuai dengan spesifikasinya.

Earplug uvex Whisper Supreme

Ear plug atau pelindung telinga ini dilengkapi dengan kabel dan bisa digunakan berulang kali. Dengan ukuran L maka ear plug ini bisa digunakan oleh siapa saja termasuk Anda yang mempunyai postur tubuh besar.

Pelindung telinga ini mampu untuk mengisolasi suara sampai dengan 30 desibel dan sudah memenuhi sertifikat EN 352–2. Harga jual ear plug ini juga cukup terjangkau sesuai dengan kemampuan perlindungannya.

uvex adalah rekomendasi merk terbaik untuk semua jenis alat keselamatan kerja. Pastikan Anda memilih uvex untuk APD pekerja agar tetap terlindungi dari bahaya kecelakaan kerja. Dengan APD yang berkualitas pekerja juga bisa terlindungi dari bahaya kesehatan pada saat bekerja.

uvex Safety Singapore Pte Ltd
Representative Office Indonesia
Menara Standard Chartered, 30th Floor. Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 164 Jakarta 12930. Indonesia.
Telp. : +62 21 2555 5637
WhatsApp : +65 9187 0161
Email : sales [at] uvex-safety.com.sg

--

--