Kampus Modern UBSI — Memberikan Layanan Aplikasi Mobile

Media Iklan
5 min readJul 24, 2020
Kampus Modern UBSI — Memberikan Layanan Aplikasi Mobile

Selama pandemic covid-19, sejumlah perguruan tinggi di Indonesia membuat terobosan baru sebagai langkah strategis agar aktivitas belajar mengajar bisa terus berjalan. Salah satunya adalah kampus modern UBSI yang membuka layanan pendaftaran mahasiswa baru secara online melalui aplikasi mobile.

Dengan adanya penambahan layanan aplikasi mobile, kini calon mahasiswa tidak perlu datang langsung ke kampus. Sebab, pendaftaran kuliah bisa dilakukan melalui aplikasi mobile.

Kampus Modern UBSI — Memberikan Layanan Aplikasi Mobile

Manfaat Aplikasi Mobile

Namun, adanya aplikasi tidak hanya mempermudah calon mahasiswa mendaftar kuliah. Sejatinya ada manfaat yang lebih besar dari layanan aplikasi mobile ini, yang dirasakan langsung oleh kampus, dosen, dan mahasiswa. Berikut manfaat yang mereka rasakan.

1. Manfaat Bagi Kampus

Kehadiran aplikasi mobile akademik pastinya sangat membantu pihak universitas dalam rangka memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada seluruh stakeholders perguruan tinggi.

Layanan aplikasi mobile ini dapat dimanfaatkan pimpinan universitas untuk menyampaikan berbagai data dan informasi terkait kegiatan akademik, fasilitas kampus, kegiatan mahasiswa, dan informasi penting lainnya terkait perkuliahan.

2. Manfaat Bagi Dosen

Para dosen juga bisa mengambil manfaat dari layanan aplikasi mobile untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

  • Mempermudah Perwalian

Aplikasi mobile akan mempermudah kegiatan perwalian yang sangat membutuhkan waktu lama jika dilakukan secara manual. Demikian juga dosen lebih mudah mendapatkan daftar mahasiswa wali. Termasuk mendapatkan informasi akademik hingga menyetujui KRS mahasiswa.

  • Mempermudah Pemberian Tugas Kuliah

Melalui aplikasi mobile akademik, dosen akan lebih mudah memberikan tugas kuliah kepada mahasiswa. Dengan aplikasi ini pula dosen dapat mengirimkan notifikasi kepada mahasiswa bahwa ada tugas yang harus dikerjakan.

  • Mempermudah Bimbingan Skripsi

Untuk mengetahui perkembangan skripsi mahasiswa yang dibimbingnya, seorang dosen bisa memantaunya secara online. Hal itu bisa dilakukan karena pihak universitas memiliki layanan aplikasi mobile, yang sekaligus mempermudah dosen mengatur jadwal bimbingannya.

  • Mempermudah Konsultasi

Melalui layanan aplikasi mobile, dosen bisa membuka konsultasi secara online yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang membutuhkan bimbingannya berkaitan dengan perkuliahan. Konsultasi bisa dilakukan dengan cara chating atau lainnya.

  • Memiliki Dashboard

Layanan aplikasi mobile memungkinkan seorang dosen membuat dashboard. Fungsinya untuk melihat perkembangan mahasiswa, misalnya berapa jumlah mahasiswa, indeks prestasi, tugas akhir atau skripsi, dan lain-lain.

3. Manfaat Bagi Mahasiswa

Terlebih bagi mahasiswa, keberadaan layanan aplikasi mobile akademik pastinya sangat membantu mereka untuk membantu memperlancar tugas-tugas kuliah dan lainnya. Berikut manfaatnya bagi mahasiswa.

  • Informasi Kampus Terkini

Seorang mahasiswa harus terus mengikuti perkembangan kampus terbaru agar tidak ketinggalan informasi. Untuk mendapatkan informasi itu, mahasiswa umumnya akan searching di internet atau membuka website kampus.

Namun, dengan layanan aplikasi mobile akademik, semua informasi terkini terkait kampus dapat dilihat melalui smartphone Anda. Beragam informasi seputar kampus, event, beasiswa, bahkan karir bisa Anda peroleh melalui layanan ini.

Yang menarik, di dalam portal informasi itu juga menyajikan kolom komentar, sehingga memungkinkan Anda bisa berinteraksi dua arah (chatting).

  • Informasi Jadwal Kuliah

Tidak sedikit mahasiswa yang sering terlambat bahkan tidak mengikuti kuliah karena tidak mengetahui jadwal kuliah. Namun, masalah ini tidak akan pernah Anda alami, jika di dalam smartphone Anda sudah terinstall layanan aplikasi mobile akademik.

Anda tidak lagi bisa beralasan terlambat kuliah karena lupa jadwalnya. Sebab semua informasi bisa diperoleh melalui layanan itu, seperti jadwal akademik, jadwal kuliah, hingga jadwal ujian.

  • Mudah Mendapatkan KRS

Seorang mahasiswa harus mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) sebelum mengikuti mata kuliah. Kini, Anda dapat memilih mata kuliah yang akan diambil kapan saja karena form isiannya sudah tersedia di layanan aplikasi mobile yang bisa diakses melalui smartphone Anda.

  • Mudah Melihat Nilai

Sebelum ada layanan aplikasi mobile akademik, untuk melihat nilai, Anda harus datang ke kampus dan antri di depan papan informasi. Kini, daftar nilai itu dapat diakses melalui handphone Anda.

Selain nilai, di aplikasi itu juga tersedia informasi seputar grafik mahasiswa, status perkuliahan, kartu hasil studi, hingga transkrip nilai.

  • Mudah Membuat Forum Kelas

Aplikasi mobile juga memungkinkan pihak kampus menyelenggarakan virtual discussion. Dosen dan mahasiswa bisa membuat forum kelas virtual sebagai sarana komunikasi untuk membahas berbagai hal mengenai perkuliahan dan lainnya.

https://www.youtube.com/watch?v=n2GuyMaHON8

Layanan Aplikasi Mobile di UBSI

Sebagai salah satu kampus terkemuka di Indonesia, UBSI sangat memahami kebutuhan mahasiswa terkait informasi yang cepat dan mudah diakses. Layanan aplikasi mobile di di UBSI lahir sebagai upaya mempermudah mahasiswa untuk mengakses segala informasi yang mereka butuhkan.

Sebagai langkah kreatif dalam mengembangkan inovasi teknologi, UBSI telah meluncurkan layanan online berbasis aplikasi mobile yang khusus diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar kuliah di kampus masa depan itu.

Melalui aplikasi mobile, calon mahasiswa tidak perlu datang langsung ke kampus. Cukup install aplikasi di smartphone dan bisa langsung mendaftar melalui aplikasi tersebut. Prosesnya juga simpel dan tidak perlu menunggu antrean panjang di loket pendaftaran.

Dengan adanya layanan pendaftaran melalui aplikasi mobile, seluruh proses pendaftaran mahasiswa baru di UBSI dilaksanakan secara online, mulai dari upload berkas persyaratan sampai ujian saringan masuk. Di masa pandemi covid-19, UBSI hanya tidak menerima pendaftaran secara offline (datang ke kampus).

Jika terjadi kendala saat melakukan pendaftaran melalui aplikasi mobile, calon mahasiswa tidak perlu cemas. Sebab, UBSI menyertakan akun resmi sosial media untuk mengatasi kendala yang dialami calon mahasiswa saat melakukan pendaftaran.

Sebagai bagian dari pengembangan kontinuitas sistem, aplikasi mobile di UBSI saat ini tidak hanya melayani pendaftaran secara online namun juga menyediakan layanan informasi seputar kampus, program studi, orientasi akademik, kegiatan seminar dan diskusi, dan informasi penting lainnya.

Selain aplikasi untuk pendaftaran, UBSI membuat aplikasi layanan lainnya yang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. Aplikasi tersebut adalah MyUBSI Student, M-Repository UBSI, MyUBSI Alumni, dan MyUBSI Staff.

Berbagai aplikasi mobile yang tersedia di UBSI semakin mempermudah calon mahasiswa dan mahasiswa. Mereka dapat mengakses berbagai informasi mengenai kampus serta melakukan kegiatan akademik melalui smartphone mereka.

Keunggulan Kampus UBSI

Mustahil menjadi kampus terdepan dan banyak diminati calon mahasiswa jika tidak memiliki keunggulan. Beberapa keunggulan UBSI yang menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa antara lain:

  1. Memiliki program bea siswa yang khusus diperuntukkan bagi calon mahasiswa. Ada tiga jenis beasiswa yang tersedia, yakni beasiswa prestasi, beasiswa talenta, dan beasiswa kompetensi (bikom).
  2. Selalu update informasi yang dibutuhkan mahasiswa serta menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk pengembangan akademik mahasiswa, seperti program seminar website (webinar), dan kegiatan bermanfaat lainnya.
  3. Menggabungkan teori dan praktik dengan mendorong mahasiswa tidak hanya menguasai konsep dan teori melainkan harus bisa aplikasikan dalam kehidupan nyata. Banyak siswa berprestasi memilih kuliah di UBSI karena mampu melahirkan lulusan praktis terbaik.
  4. Biaya kuliah di UBSI cukup terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Kesan bahwa kuliah itu mahal agaknya tidak berlaku di salah satu kampus ternama di Indonesia ini.

UBSI adalah salah satu kampus modern di Indonesia yang memiliki lulusan terbaik. Kini mereka berkarir di berbagai bidang, khususnya terkait dengan komputer dan teknologi informasi. Jika Anda berminat kuliah di UBSI, segera daftarkan melalui aplikasi mobile.

Referensi :

https://duniawanita.id/kampus-terbaik-teknik-informatika-ubsi/2152/

--

--